Menyediakan Internet Di Dunia, Amazon Bersiap Luncurkan Ribuan Satelit
Berita

Menyediakan Internet Di Dunia, Amazon Bersiap Luncurkan Ribuan Satelit

April 18, 2019

webit-online.com – Rencana Amazon untuk meluncurkan konstelasi 3.236 satelit pada orbit Bumi, langkah ini diambil untuk komitmen menyediakan internet ke seluruh dunia termasuk wilayah-wilayah yang belum terjangkau oleh internet. Proyek ini merupakan proyek yang diungkapkan oleh GeekWire, dimana Project Kuiper ini menggunakan sistem LLC dengan tiga set pengajuan kepada ITU, organisasi internasional yang mengatur orbit satelit.

Rencana Amazon ini melibatkan beberapa satelit di orbit Bumi yang berada di posisi rendah, sehingga akan membuat pembiayaan menjadi terjangkau serta latensi yang rendah. Projeck Kuiper ini nantinya akan teridiri dari beberapa satelit di tiga ketinggian, muali dari yang terendah, sedang dan paling tinggi untuk mencapai wilayah yang tak terjangkau internet.

Di setiap ketinggian akan disesuaikan jumlah satelitnya, dari yang ketinggian 267 miles terdapat 784 satelit, 379 miles dengan 1.296 satelit dan 391 miles dengan 1.156 satelit. Satelit ini akan memberikan akses internet ke area mulai dari 56 derajat utara sampai dengan 56 derajat selatan. Keseluruhan wilayah itu tadi secara teoritis sudah mencakup 95% populasi di Bumi, dan itu merupakan cakupan yang sangat luas mengingat ada beberapa area yang tak dihuni oleh manusia.

Project Kuiper ini merupakan inisiatif baru untuk peluncuran konstelasi satelit LEO (Low Earth Orbit) yang mampu memberikan koneksi tinggi pada latensi rendah pada masyarakat yang belum terjangkau oleh internet di seluruh dunia. Ini merupakan proyek yang bisa dibilang proyek besar untuk jangka panjang, dan proyek ini tentu akan memberikan peluang bagi masyarakat yang berada di pelosok untuk menikmati internet dengan mudah.

Namun sampai saat ini belum ada kabar apakah pihaknya akan membangun satelit tersebut sendirian, atau membelinya dari pihak ketiga. Perusahaan sendiri juga belum membuat keputusan, mengenai bagaimana satelit tersebut akan diluncurkan ke orbit Bumi.

Proyek besar ini nantinya saat diluncurkan akan membutuhkan jaringan stasiun Bumi untuk melakukan komunikasi dengan satelit, meskipun belum ada kejelasan kapan satelit Amazon ini akan berangkat ke orbit Bumi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengurus izin, bagimana caranya agar proyek besar ini bisa mendapatkan persetujuan dari Komisi Komunikasi Federal dunia.

Baca juga : Fakta Yang Tak Terbayangkan Yang Terjadi Di Dunia Internet

Dengan jumlah satelit yang sangat banyak, tentu akan membutuhkan waktu yang lama hingga seluruh satelit berhasil berada di orbit Bumi secara sempurna. Jeff Bezos sebagai bos Amazon telah memberikan realisasi pada proyek ini, dimana kabar terbaru menyebutkan bahwa dirinya sudah merekrut Rajeev Badyal untuk memimpin Project Kupier miliknya.

Namun kabar terbaru ini belum mendapatkan kejelasan dari pihak Amazon sendiri, juru bicara hanya mengatakan kalau Amazon tengah membentuk daftar petinggi yang nantinya akan memimpin project kupier yang merupakan project besar ini.